Derek Jalan Tol

“Bu, taksinya mogok di jalan tol depan jatinegara, kita baru masuk dari cawang.” demikian pemberitahuan dari sopir 928, Syafei.  Hanya berselang kurang dari 3 menit, HP Saya berbunyi lagi, “Bu, udah ada derek…!”

 DSC00127 Langsung Saya potong, “Itu derek resmi atau derek liar? Lihat .. ada logo jasa marga di mobilnya, kalau nggak ada, jangan mau…” Tapi apa mau dikata, ternyata derek yang datang adalah derek liar, punya orang ambon.  Saya sempat bersitegang melalui HP dengan pen-derek tersebut, Saya sudah bersikeras bilang tidak mau, tapi dia memaksa supir saya dan langsung main derek mobil dan tiba-tiba saja, masih dalam kondisi on-line mobil saya sudah ada di cawang, “Mobil sudah aman Bu, di depan kantor PT ASABRI, Cawang, dekat UKI!”

Saya marah sekali, kok bisa melakukan derek mobil dengan pemaksaan yang luar biasa.  Apapun yang kita bilang, mereka sepertinya tidak mau mendengar.  Sepertinya mereka tidak mengerti bahasa Saya atau memang tidak perduli.  HP Saya berdering lagi, “Bu, mereka minta Rp 275.000 kalau tidak, mobil ditahan…” ujar supir.

“Ya Allah… segitu gampangnya orang-orang ini mencari uang, melakukan pemerasan, pemaksaan…”

Akhirnya kami menggunakan jasa seorang anggota ABRI yang berkantor persis di depan lokasi mobil di parkir oleh para penderek. Mereka tidak mau bicara, mereka hanya mau bicara dengan uang!

Akhirnya setelah membawa anggota tersebut, yang masih saudara untungnya sehingga tidak perlu biaya tambahan, mobil dapat keluar dengan membayar Rp 130.000!

derek liarHeran, derek liar seperti ini kenapa masih bisa beroperasi di Jakarta? Mereka malah berani bilang, “Jasa marga tidak punya hak menderek!” omongan dari mana ini? Kalau bicara dengan orang bodoh, mungkin ya. Saya hanya geleng kepala.  Mereka ambon, hitam, besar-besar.. benar-benar bertampang algojo.. mungkin sudah siap tempur.. bagaimanapun ini adalah bisnis yang kurang baik menurut Saya.

Mungkin, bisa saja kita melaporkan kepada polisi, pasalnya : pemerasan! Tapi biaya yang dikeluarkan, takutnya, malah lebih mahal dan prosedurnya bertele-tele.

Sebetulnya Saya pernah ngobrol panjang dengan derek resmi jalan tol, kebetulan saat itu kami storing di kantor mereka.  Menurut info yang saya dapat, nahwa derek resmi jalan tol benar-benar gratis sampai kepada pintu tol terdekat.  “Jika ada yang meminta imbalan, silahkan komplain ke no 98199999 Jasa marga sentra komunikasi! Dijamin, hanya 1 hari setelah komplain diterima, orang yang bersangkutan akan langsung dipecat!” demikian jelas salah seorang karyawan dan sekaligus petugas derek resmi jasa marga. Agar teman-teman yang lain waspada dengan kejadian semacam ini.

Leave a Reply

